Rabu, 01 Juli 2009

Manfaat Tertawa

Hati yang gembira adalah obat yang manjur. Obat yang mujarab untuk segala macam masalah manusia. Itu tentu khusus untuk yang percaya dengan Firman Allah. JanjiNya yang tertuang dalam Alkitab adalah ya dan amin.

Kalau kita tidak percaya, tentu tidak akan menikmatinya. Dan salah satu aktualisasi dari hati yang gembira adalah dengan tertawa. Terlebih daripada itu, tertawa ternyata memiliki khasiat yang dahsyat untuk tubuh ini.

Menurut Dr. Djoko Pramono, Ketua Anand Krisna Center (AKC) Semarang, dengan tertawa peredaran darah dalam tubuh akan lancer, kada oksigen dalam darah meningkat. Selain itu, menurut dia, tekanan darah akan normal.

Olahraga memang perlu, namun tertawa secara teratur juga dapat menjadi alternative berolahraga. Ternyata tertawa selama 20 menit setara denagn berolahraga ringan selama 2 jam.

Bagi orang yang beresiko terkena sakit jantung, dapat pula memanfaatkan terapi tertawa. Pasalnya, selain dapat memijat paru-paru dan jantung, juga dapat mengurangi resiko sakit jantung.

Bahkan kata dia, tertawa dapat menjadi penenang alami. Saat tertawa, tubuh kita memang akan menghasilkan hormone endorphine yang memberiakn rasa nyaman bagi tubuh (sesuai penenang alami).

Untuk itu, dia mengajak semua orang untuk tertawa. Apalagi sebagian besar stress akibat tekanan hidup yang semakin menghimpit dan aktivitas yang padat, yang biasanya diderita orang perkotaan perlu pelepasan untuk menlonggarkan dada.

Ia mengatakan kita bisa mengatasi stress dan segala persoalan dengan terapi tertawa. Bahkan tertawa denagn cara dipaksapun akan membawa kebaikan bagi kesehatan.

MANFAAT TERTAWA

1. Meningkatkan produksi sel anitbodi

2. Meredakan ketegangan

3. Pelampiasan suasana emosional

4. Membangun mental yang positif

5. Bisa mengubah perspektif hidup

6. Membantu orang lain mengalami kelegaan

7. Menunjukkan seorang yang optimis dalam hidup

8. Memperpanjang umur

9. Seperti makan 2000 coklat

10. Sangat menular

Tidak ada komentar:

Posting Komentar